February 27, 2024
5 Cara Bersihkan Microwave Dengan Baking Soda1

5 Cara Bersihkan Microwave Dengan Baking Soda

5 Cara Bersihkan Microwave Dengan Baking Soda1

Microwave merupakan alat elektronik untuk memasak yang hampir setiap hari digunakan, tentu akan banyak bercak noda makanan yang menempel di dindingnya. Noda bekas memanaskan makanan yang lengket pada microwave, jangan dibiarkan terlalu lama harus segera dibersihkan. Salah satu caranya dengan memakai baking soda untuk membersihkan noda-noda di bagian dalam microwave.

Baking soda atau soda kue adalah bahan dapur yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah sebagai pembersih alami. Baking soda dapat mengangkat kotoran, lemak, dan bau tak sedap pada permukaan microwave. Selain itu, baking soda juga aman untuk digunakan dan tidak merusak microwave Anda.

Berikut adalah 5 cara bersihkan microwave dengan baking soda yang bisa Anda coba di rumah.

1. Siapkan soda kue dan air hangat

Tambahkan beberapa sendok soda kue ke dalam semangkuk air hangat. Aduk hingga rata soda kue dengan air hangat.

2. Masukkan ke microwave

Tempatkan mangkuk berisi campuran soda kue dan air hangat ke dalam microwave dan nyalakan selama sekitar tiga sampai lima menit, atau sampai microwave terisi uap.

3. Diamkan selama beberapa menit

Matikan microwave dan biarkan mangkuk di dalamnya selama sekitar lima menit agar uap menembus kotoran yang menempel pada dinding microwave.

4. Bersihkan microwave

Keluarkan mangkuk dari microwave dan lap bagian dalamnya dengan spons atau kain lap basah. Jika ada noda yang sulit dihilangkan, Anda bisa memercikkan sedikit baking soda ke atasnya dan gosok perlahan dengan spons atau sikat gigi bekas.

5. Cuci piring putar microwave

Lepaskan piring putar dari tempatnya dan cuci dengan sabun cuci piring dan air hangat. Bilas hingga bersih dan keringkan sebelum memasangnya kembali ke dalam microwave.

Tips untuk mencegah noda pada microwave

Selain membersihkan noda yang sudah ada, Anda juga bisa mencegah noda baru muncul pada microwave dengan beberapa tips berikut ini:

  • Selalu tutup makanan yang ingin Anda panaskan dengan tutup plastik atau kertas tisu agar tidak menyemprot ke dinding microwave.
  • Bersihkan tumpahan makanan segera setelah terjadi dengan kain lap basah atau spons.
  • Jangan memanaskan makanan terlalu lama atau terlalu tinggi agar tidak terbakar atau meledak.
  • Gunakan wadah yang aman untuk microwave dan sesuai dengan ukuran makanan yang ingin Anda panaskan.
  • Bersihkan microwave secara rutin setidaknya seminggu sekali dengan baking soda atau cuka untuk menghilangkan bau dan kotoran.

Dengan cara bersihkan microwave dengan baking soda ini, Anda bisa membuat microwave Anda bersih dan bebas dari bau tak sedap. Selain itu, Anda juga bisa menjaga kesehatan Anda dan keluarga dari bakteri yang mungkin berkembang di dalam microwave.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *