February 27, 2024
9 Cara Membuat Mie Agar Tidak Lembek, Siram Dulu Air Panas

9 Cara Membuat Mie Agar Tidak Lembek, Siram Dulu Air Panas

9 Cara Membuat Mie Agar Tidak Lembek, Siram Dulu Air Panas

Mie adalah salah satu makanan favorit banyak orang. Mie bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan, seperti mie goreng, mie rebus, mie ayam, mie yamin, dan lain-lain. Namun, untuk membuat mie yang enak dan lezat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah cara memasak mie agar tidak lembek dan lengket.

Mie yang lembek dan lengket tentu akan mengurangi kenikmatan saat menyantapnya. Selain itu, mie yang lembek dan lengket juga bisa membuat perut cepat kenyang dan tidak sehat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara memasak mie yang benar agar teksturnya kenyal dan tidak mudah putus.

Berikut adalah 9 cara membuat mie agar tidak lembek dan lengket yang bisa Anda coba di rumah:

1. Siram air panas

Sebelum dimasak, sebaiknya mie disiram dengan air panas terlebih dulu. Hal ini perlu dilakukan guna menjaga kebersihan dan membuat lapisan tepung mie terlepas. Secara tidak langsung, proses tersebut bisa membuat tekstur mie lebih lembut dan kenyal saat diolah.

2. Seduh dan rendam mie

Beberapa jenis mie, seperti mie basah atau mie telur, baiknya diseduh dan direndam terlebih dulu. Proses penyeduhan dan perendaman dapat membuat mie cukup lemas tapi tidak lunak. Untuk merendamnya, cukup gunakan air panas bersuhu 70 derajat celcius. Jangan gunakan air mendidih agar mie tidak lembek. Sementara, waktu merendamnya yakni sekitar 15-20 menit saja.

3. Gunakan tepung terigu protein tinggi

Penggunaan tepung terigu protein tinggi bisa membuat mie menjadi lebih kenyal dan lembu. Hal ini karena ada kandungan gluten yang cukup tinggi. Gluten adalah protein yang memberikan elastisitas pada adonan mie. Jika Anda ingin membuat mie sendiri di rumah, pilihlah tepung terigu protein tinggi sebagai bahan utama.

4. Jangan terlalu banyak menggunakan air

Bahkan pada pembuatan mie telur, penggunaan air bisa saja tidak perlu digunakan. Kalau pun perlu menggunakannya, pemakaiannya juga tidak sedikit. Air yang terlalu banyak bisa membuat adonan mie menjadi basah dan lengket. Selain itu, air juga bisa mengurangi kandungan gluten pada adonan mie.

5. Gulung adonan dengan rolling pin

Setelah adonan mie dibuat, langkah selanjutnya adalah menggulungnya dengan rolling pin atau alat penggilas adonan. Gulung adonan hingga tipis dan rata dengan ketebalan sekitar 1-2 mm. Jangan menggulung adonan terlalu tebal atau terlalu tipis agar tekstur mie tidak keras atau lembek.

6. Potong adonan sesuai selera

Setelah digulung tipis, potong adonan sesuai selera Anda Anda bisa memotong adonan menjadi bentuk bulat, persegi panjang, atau segitiga. Anda juga bisa menentukan lebar dan panjang potongan adonan sesuai keinginan Anda. Jika Anda ingin membuat mie yang kenyal dan tidak mudah putus, potonglah adonan dengan lebar sekitar 2-3 mm.

7. Taburi tepung sagu atau kanji

Sebelum merebus atau menggoreng mie, taburkan sedikit tepung sagu atau kanji pada potongan adonan. Tepung sagu atau kanji memiliki kemampuan yang bisa membuat mie menjadi kenyal dan tidak lengket satu sama lain. Selain itu, tepung sagu atau kanji juga bisa menyerap kelebihan air pada adonan mie.

8. Rebus atau goreng dengan api sedang

Setelah ditaburi tepung sagu atau kanji, rebus atau goreng potongan adonan dengan api sedang. Jangan menggunakan api terlalu besar atau terlalu kecil agar tekstur mie tidak rusak. Jika merebusnya, jangan lupa untuk menambahkan sedikit minyak goreng atau garam agar mie tidak lengket pada panci atau wajan.

9. Tiriskan dan siram air dingin

Setelah matang, tiriskan potongan adonan dari air rebusan atau minyak goreng1. Kemudian siram dengan air dingin agar proses pemasakan berhenti dan tekstur mie tetap kenyal.Setelah itu angkat dan tiriskan kembali dari air dingin.

Nah, itu dia 9 cara membuat mie agar tidak lembek dan lengket yang bisa Anda coba di rumah. Dengan cara-cara tersebut, Anda bisa menikmati hidangan mie yang kenyal dan lezat seperti di restoran favorit Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *