February 26, 2024
5 Tips Simpan Susu Bubuk yang Benar, Taruh di Tempat Sejuk

5 Tips Simpan Susu Bubuk yang Benar, Taruh di Tempat Sejuk

5 Tips Simpan Susu Bubuk yang Benar, Taruh di Tempat Sejuk

Susu bubuk adalah produk susu yang praktis dan tahan lama. Anda bisa menyeduhnya kapan saja dengan menambahkan air hangat atau dingin sesuai selera. Susu bubuk juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti protein, kalsium, vitamin, dan mineral.

Namun, Anda harus mengetahui cara menyimpan susu bubuk dengan benar agar kualitas dan rasa susu bubuk tetap terjaga. Jika tidak, susu bubuk bisa menjadi lembab, menggumpal, atau berbau tidak sedap. Simak tips berikut ini untuk menyimpan susu bubuk yang benar!

1. Jauhkan dari sinar matahari

Sinar matahari bisa merusak kualitas susu bubuk karena bisa meningkatkan suhu dan kelembaban di dalam wadah penyimpanan. Sinar matahari juga bisa memicu reaksi oksidasi yang membuat susu bubuk menjadi kuning atau cokelat dan berubah rasa.

Oleh karena itu, hindari menaruh stoples susu bubuk di tempat yang terkena sinar matahari. Sebaiknya, simpan susu bubuk di dalam lemari yang gelap atau wadah buram seperti kaleng atau kemasan dari alumunium foil.

2. Siapkan wadah tertutup rapat

Susu bubuk yang sudah dibuka dari kemasannya sebaiknya dipindahkan ke dalam wadah yang tertutup rapat. Wadah ini berguna untuk mencegah udara masuk ke dalam susu bubuk dan menyebabkan perubahan warna, aroma, atau rasa.

Anda bisa menggunakan wadah plastik, kaca, atau logam yang bersih dan kering. Pastikan wadah tersebut tidak bau dan tidak bekas digunakan untuk menyimpan bahan makanan lain. Jika Anda menggunakan wadah plastik, pilihlah yang bebas BPA (bisphenol A) untuk menghindari kontaminasi kimia.

3. Gunakan kemasan asli

Jika Anda tidak ingin repot memindahkan susu bubuk ke dalam wadah lain, Anda bisa menyimpannya dalam kemasan asli atau karton dengan plastik. Susu bubuk yang masih dalam kemasan bisa bertahan lebih lama dari oksigen.

Namun, pastikan Anda menutup kemasan dengan rapat setelah mengambil susu bubuk. Anda bisa melipat plastik hingga rapat lalu mengikatnya dengan karet gelang atau klip plastik. Jangan biarkan kemasan terbuka karena bisa membuat susu bubuk terkontaminasi debu atau serangga.

4. Jangan taruh dekat kompor

Kompor adalah sumber panas yang bisa merusak susu bubuk jika diletakkan terlalu dekat. Panas dari kompor bisa membuat susu bubuk meleleh dan menggumpal. Selain itu, panas juga bisa memicu pertumbuhan bakteri atau jamur di dalam susu bubuk.

Oleh karena itu, jangan letakkan kemasan atau wadah berisi susu bubuk di dekat kompor atau alat masak lainnya. Pilihlah tempat yang sejuk dan kering untuk menyimpan susu bubuk. Anda juga bisa menempelkan label pada wadah untuk menandai tanggal pembukaan atau kadaluarsa susu bubuk.

5. Jangan simpan di dalam lemari es

Banyak orang beranggapan bahwa menyimpan susu bubuk di dalam lemari es bisa membuatnya lebih awet. Namun, hal ini justru bisa berbahaya bagi kualitas susu bubuk. Lemari es memiliki suhu yang dingin dan lembab yang bisa membuat susu bubuk menjadi basah dan lengket.

Selain itu, menyimpan susu bubuk di dalam lemari es juga bisa menyebabkan perubahan suhu yang drastis saat Anda mengeluarkannya untuk diseduh. Perubahan suhu tersebut bisa menyebabkan terbentuknya air di dalam udara, dengan demikian akan menyebabkan tekstur dari susu bubuk menjadi lembab dan menggumpal.

Kesimpulan

Susu bubuk adalah produk susu yang praktis dan tahan lama jika disimpan dengan benar. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kualitas dan rasa susu bubuk, yaitu:

  • Jauhkan dari sinar matahari
  • Siapkan wadah tertutup rapat
  • Gunakan kemasan asli
  • Jangan taruh dekat kompor
  • Jangan simpan di dalam lemari es

Dengan mengikuti tips tersebut, Anda bisa menikmati susu bubuk dengan lezat dan sehat setiap saat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *