February 26, 2024
7 Ide Bekal Makanan Sehat Buat Mudik yang Tahan Lama

7 Ide Bekal Makanan Sehat Buat Mudik yang Tahan Lama

7 Ide Bekal Makanan Sehat Buat Mudik yang Tahan Lama

Mudik atau pulang kampung menjadi salah satu tradisi yang masih dijalankan oleh banyak orang dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri. Namun, perjalanan jauh tersebut memerlukan bekal makanan sehat sebagai salah satu hal penting yang harus dipersiapkan sebelum berangkat.

Dengan membawa bekal makanan sehat, Anda dapat menghindari makanan yang tidak sehat yang dijajakan di pinggir jalan. Selain itu, membawa bekal juga dapat membantu menghemat pengeluaran selama perjalanan.

Nah, untuk membantu Anda agar tidak kebingungan memilih menu bekal, berikut adalah 7 ide bekal makanan sehat dan awet untuk mudik yang bisa Anda coba.

1. Telur Rebus

Telur rebus adalah makanan yang sangat gampang dimasak, sehat, dan bisa bertahan lama. Telur mengandung protein yang baik untuk tubuh Anda dan bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Agar bisa lebih tahan lama lagi, Anda bisa tinggalkan cangkang telurnya dan kupas saat Anda ingin makan saja. Jangan lupa untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara. Namun, pastikan telurnya dimasak sampai matang sempurna agar tidak berisiko membawa kuman penyebab penyakit.

2. Ubi Kukus

Ubi kukus adalah pilihan karbohidrat yang sehat dan rendah kalori untuk bekal mudik Anda. Ubi juga tinggi kadar air dan serat yang baik untuk pencernaan Anda.

Ubi cukup praktis untuk dibawa karena tidak perlu dimasak lagi saat ingin dikonsumsi. Anda bisa menambahkan sedikit gula atau madu agar lebih manis atau menambahkan bumbu seperti garam dan merica agar lebih gurih.

3. Rendang Kering

Rendang kering adalah hidangan khas Minang yang lezat dan terkenal dengan keawetannya. Rendang kering dibuat dengan cara memasak daging sapi dengan bumbu rempah-rempah hingga kering dan empuk.

Rendang kering bisa bertahan hingga berhari-hari jika disimpan dalam wadah kedap udara dan diletakkan di tempat yang sejuk dan kering. Rendang kering juga bisa menjadi lauk yang nikmat jika disantap dengan nasi atau roti.

4. Abon

Abon adalah lauk yang cocok jadi bekal sehat saat mudik karena praktis dan awet. Abon dibuat dari suwiran daging sapi, ayam, atau ikan yang dimasak dengan bumbu hingga kering dan garing.

Abon bisa awet bahkan hingga berbulan-bulan jika disimpan dalam kemasan yang kedap udara. Abon juga memiliki banyak pilihan rasa yang bisa dipilih sesuai selera Anda. Abon bisa dimakan langsung atau dicampur dengan nasi atau roti.

5. Kering Tempe

Kering tempe adalah olahan tempe yang digoreng hingga kering dan dicampur dengan bumbu manis pedas. Kering tempe adalah lauk yang enak dan murah untuk bekal mudik Anda.

Kering tempe juga cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Anda bisa menambahkan beberapa bahan favorit Anda seperti kacang tanah, ebi, atau ikan teri untuk menambah rasa dan tekstur. Kering tempe bisa disimpan dalam wadah kedap udara agar tidak lembek.

6. Kentang Mustofa

Kentang mustofa adalah olahan kentang legendaris yang renyah dan gurih. Kentang mustofa dibuat dengan cara mengiris tipis kentang dan menggorengnya hingga kering kemudian dicampur dengan bumbu pedas manis.

Kentang mustofa bisa bertahan sampai seminggu lamanya jika disimpan dalam wadah kedap udara. Kentang mustofa bisa dijadikan lauk atau camilan saat mudik. Namun, jangan makan terlalu banyak karena kentang mustofa cukup tinggi kalori dan lemak.

7. Kentang Balado

Kentang balado adalah hidangan khas Padang yang pedas dan lezat. Kentang balado dibuat dengan cara menggoreng kentang hingga matang kemudian dicampur dengan bumbu balado dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, garam, gula, dan asam jawa.

Kentang balado bisa tahan lama jika disimpan dalam wadah kedap udara dan diletakkan di tempat yang sejuk dan kering. Kentang balado juga bisa menjadi lauk yang nikmat jika disantap dengan nasi hangat atau roti.

Itulah 7 ide bekal makanan sehat buat mudik yang tahan lama yang bisa Anda coba di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mudik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *