February 27, 2024
5 Buah Yang Mengandung Banyak Air

5 Buah Yang Mengandung Banyak Air

5 Buah Yang Mengandung Banyak Air

Air adalah elemen penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan banyak fungsi. Salah satu cara agar asupan air tetap terjaga adalah dengan mengonsumsi makanan, termasuk buah yang mengandung banyak air. Lantas, apa saja buah yang mempunyai kandungan air cukup tinggi? Yuk, temukan jawabannya dengan ulasan berikut ini!

1. Semangka

Semangka adalah buah yang sangat menyegarkan, karena memiliki kandungan air mencapai 92 persen. Buah tersebut tergolong makanan sehat karena menjaga tubuh tetap terhidrasi. Dengan kandungan air yang tinggi, semangka mempunyai kepadatan kalori yang sangat rendah, yaitu 46 kkal untuk ukuran 154 gram.

Tak hanya itu, semangka juga mengandung banyak nutrisi menyehatkan, seperti vitamin A dan C, serat, serta magnesium. Belum lagi, ada antioksidan bernama likopen yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi buah tersebut. Menurut penelitian, senyawa itu dapat membantu meminimalkan kerusakan oksidatif pada sel, yang kerap dikaitkan dengan penyakit seperti diabetes dan jantung.

2. Stroberi

Tidak hanya manis, stroberi adalah buah yang mengandung banyak air. Sekitar 91 persen berat stroberi berasal dari air[^3^][3], cocok untuk dijadikan makanan agar tubuh tetap terhidrasi. Buah ini juga menyediakan banyak serat, antioksidan, vitamin C, folat, dan mangan.

Menurut sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, makan stroberi secara teratur terbukti dapat mengurangi risiko peradangan serta melindungi tubuh dari penyakit jantung, diabetes, Alzheimer, dan berbagai jenis kanker. Stroberi bisa dimakan secara langsung, atau kamu dapat mengolahnya menjadi smoothie, salad, dan tambahan untuk sandwich.

3. Melon

Selain rasanya yang manis, ternyata melon merupakan buah dengan kandungan air yang sangat tinggi, lho. Kandungan air yang dimiliki mencapai 89 persen dari total beratnya. Tak hanya itu, buah berwarna hijau tersebut juga kaya vitamin C dan K, kalium, folat, serta magnesium.

Melon juga memiliki efek diuretik alami yang dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh melalui urine. Selain itu, melon juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa menikmati melon sebagai jus atau campuran salad buah.

4. Jeruk

Buah yang mengandung banyak air berikutnya adalah jeruk. Selain rasa manis yang khas, jeruk memiliki sekitar 88 persen air di dalamnya. Buah yang masuk ke dalam golongan sitrus ini juga kaya vitamin C dan kalium, bisa membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Berdasarkan sebuah studi, jeruk dapat meminimalkan risiko sejumlah penyakit karena kandungan flavonoid yang dimiliki. Flavonoid adalah senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. Jeruk juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mata karena sumber vitamin A dan C.

5. Nanas

Buah nanas tumbuh di negara tropis dan mempunyai rasa khas dari perpaduan masam dan manis. Nanas termasuk buah yang mengandung banyak air karena sekitar 86 persen dari bobotnya berasal dari air. Nanas juga merupakan sumber vitamin C dan mineral mangan yang baik untuk tubuh.

Nanas memiliki enzim bromelain yang dapat membantu pencernaan protein dan meredakan peradangan pada saluran pencernaan. Selain itu, nanas juga dapat membantu menurunkan risiko batu ginjal karena efek diuretiknya. Nanas bisa dinikmati sebagai jus atau campuran salad buah.

Kesimpulan

Buah-buahan adalah sumber cairan yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air dapat membantu mencegah dehidrasi dan menjaga fungsi tubuh tetap optimal. Selain itu, buah-buahan juga menyediakan berbagai nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Jadi, jangan ragu untuk memasukkan buah-buahan ke dalam menu harian Anda. Pilihlah buah-buahan segar dan berkualitas untuk mendapatkan manfaat maksimalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *