February 27, 2024
5 Buah yang Aman untuk Orang Diabetes

5 Buah yang Aman untuk Orang Diabetes

5 Buah yang Aman untuk Orang Diabetes

Orang yang menderita diabetes perlu lebih selektif dalam memilih makanan yang dikonsumsi, termasuk buah-buahan. Beberapa jenis buah untuk penderita diabetes yang baik dan aman dikonsumsi adalah apel, jeruk, kiwi, alpukat, dan buah beri. Seorang penderita diabetes harus selalu memerhatikan asupan yang ia konsumsi, terlebih makanan yang mengandung karbohidrat. Hal ini karena karbohidrat dalam makanan yang dikonsumsi akan diubah oleh tubuh menjadi gula. Jika asupan karbohidrat atau gula berlebihan, maka hal ini dapat meningkatkan gula darah.

Untuk mencukupi kebutuhan energi tanpa membuat tubuh mengalami peningkatan kadar gula darah yang berlebihan, maka buah-buahan adalah salah satu jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Namun, tentunya tidak semua buah direkomendasikan untuk penyakit gula. Buah yang dimakan harus memiliki indeks glikemik yang rendah, yaitu sekitar 55. Indeks glikemik (IG) adalah ukuran kecepatan suatu makanan untuk diproses menjadi gula darah oleh tubuh.

Apel

Salah satu buah untuk diabetes yang paling mudah ditemui adalah apel. Buah ini mengandung 21 gram karbohidrat dan 77 kalori. Apel juga kaya akan serat dan merupakan sumber vitamin C yang baik untuk tubuh. Selain itu, apel mengandung indeks glikemik yang cukup rendah, yaitu dibawah. Buah apel bahkan akan semakin bermanfaat apabila dimakan sekaligus dengan kulitnya. Hal ini dikarenakan kandungan zat gizi dan antioksidannya jadi lebih tinggi.

Jeruk

Jeruk juga merupakan buah yang baik untuk diabetes. Selain kaya vitamin C, jeruk ternyata masuk dalam daftar buah dengan indeks glikemik yang rendah, yaitu sekita. Selain itu, jeruk juga kaya akan asam folat dan kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah. Kalium adalah salah satu nutrisi yang baik untuk membantu mengontrol tekanan darah . Selain itu, kandungan tiamin pada jeruk dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah dan membantu mencegah resistensi insulin. Tidak hanya jeruk, Anda juga bisa mengonsumsi beragam buah sitrus lainnya, seperti lemon dan jeruk bali.

Kiwi

Kiwi merupakan buah yang menjadi sumber kalium, serat, dan vitamin C yang baik untuk tubuh, Kombinasi kandungan serat, air, dan nilai IG yang rendah dapat memperlambat laju penyerapan glukosa yang berasal dari makanan lain.Selain aman untuk gula darah, buah ini juga jadi pilihan menu diet penurunan berat badan. Perlu diketahui, satu buah kiwi besar mengandung sekitar 56 kalori dan 13 gram karbohidrat.

Alpukat

Kebanyakan orang mengira buah alpukat harus dihindari para diabetesi karena tinggi lemak. Faktanya, alpukat justru termasuk buah yang baik untuk diabetes. Lemak yang terkandung adalah lemak tak jenuh yang justru bagus untuk mengendalikan gula darah. Alpukat juga baik untuk diabetesi karena bisa menciptakan rasa kenyang lebih lama setelah dikonsumsi. Hal ini mampu meningkatkan kinerja hormon insulin. Selain itu, alpukat bermanfaat menurunkan risiko sindrom metabolik yang menjadi pemicu utama diabetes.

Buah Beri

Buah yang termasuk golongan buah beri, seperti stroberi dan blueberry, merupakan jenis buah yang baik untuk penderita diabetes. Buah-buahan ini mengandung antioksidan, vitamin, dan serat yang baik untuk mengendalikan kadar gula darah. Antioksidan pada buah beri dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, buah beri juga rendah kalori dan memiliki indeks glikemik di bawah. Anda bisa menikmati buah beri sebagai camilan atau sebagai topping salad atau yogurt.

Kesimpulan

Buah-buahan adalah sumber nutrisi penting bagi tubuh kita. Namun bagi penderita diabetes, tidak semua buah bisa dikonsumsi secara bebas tanpa memperhatikan indeks glikemiknya. Beberapa jenis buah yang aman untuk orang diabetes adalah apel, jeruk, kiwi, alpukat, dan buah beri. Buah-buahan ini memiliki indeks glikemik rendah dan kaya akan serat serta vitamin yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *